M. Sarmuji

Dari HMIpedia
Langsung ke: navigasi, cari

M. Sarmuji (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 12 November 1974; umur 43 tahun) bernama lengkap Muhammad Sarmuji adalah Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Golongan Karya. Terpilih pada usia 40 tahun dari Daerah Pemilihan (dapil) Jatim VI. Sarmuji memulai perjalanan politiknya dengan menjadi anggota dari organisasi sayap Partai Golkar yaitu Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Sarmuji sempat menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jedral AMPI dari 2003-2008 dan menjadi Sekretaris Jendral DPP AMPG dari 2010. Sebelumnya Sarmuji adalah Staf Ahli DPR-RI.

Lahir di Surabaya, Jawa Timur, Sarmuji menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di Kota Surabaya. Setelah lulus dari SMA, ia masuk ke Universitas Jember, Jember, pada 1992. Di kampus ini ia belajar di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, hingga lulus pada 2000.

Sarmuji melanjutkan pendidikannya di Program Pascasarjana Universitas Indonesia dan meraih gelar master bidang administrasi bisnis pada 2006.

Kiprah Sarmuji di kancah politik dimulai di organisasi gerakan mahasiswa. Ia bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), karir terakhir di HMI adalah Ketua Bidang Pengurus Besar HMI.


Pengalaman[sunting]

  • Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jember Komisariat Ekonomi Periode tahun 1995 - 1996.
  • Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jember Periode tahun 1998 - 1999.
  • Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Nasional (PPN) Pengurus Besar HMI periode tahun 2000 - 2002
  • Sekretaris Jenderal Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) periode tahun 2006 - 2010
  • Staf Ahli Fraksi Partai Golongan Karya

Menjadi Anggota DPR RI[sunting]

Sarmuji terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2014 dari daerah pemilihan Jawa Timur VI yang meliputi Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung dengan meraih suara sebanyak 57.586 suara.

Di DPR RI, Sarmuji duduk sebagai anggota Komisi VI - Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Stadarisasi Nasional.


Kehidupan Pribadi dan Keluarga[sunting]

Tinggal di Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan dengan istri dan dua putra: Sultan (lahir ...) dan . Sarmuji menikah dengan Luluk Maknunah. Sarmuji dan Luluk pertama kali bertemu di HMI Jember. Menurut Luluk, dia dan Sarmuji tidak pernah berpacaran. Luluk merupakan Ketua Umum Korps HMI wati (KOHATI) HMI Cabang Jember periode 2002 - 2003.

Penghargaan[sunting]

Publikasi[sunting]

  • Judul publikasi, (Kota: Penerbit), tahun

Rujukan[sunting]